SIM Konsultant
Home » » Sistem Informasi Eksekutif

Sistem Informasi Eksekutif

Written By Hasan Basari on Thursday, April 24, 2014 | 3:45 PM

Sistem informasi eksekutif merupakan bagian dari sistem informasi manajemen (SIM) yang digunakan untuk keperluan para eksekutif dalam sebuah organisasi dalam mendukung pengambilan keputusan yang tepat guna kemajuan organisasi.

Sistem informasi eksekutif biasanya disajikan dalam bentuk grafis agar lebih mudah dalam pemahaman informasi. pada umumnya Sistem Informasi Eksekutif ini digunakan untuk memonitoring dalam bentuk pengawasan yang lebih nyata terhadap organisasinya dan dapat dipergunakan juga untuk mengidentifikasi permasalahan dan kesempatan dalam organisasi tersebut.

Secara umum, sistem informasi eksekutif dikembangkan seperti mainframe program berbasis komputer. Tujuannya adalah untuk melindungi sekumpulan data dan untuk menyediakan kinerja penjualan atau statistik riset pemasaran untuk membuat keputusan, seperti halnya petugas keuangan, direktur pemasaran, dan petugas eksekutif pemimpin. Obyektif adalah untuk mengembangkan aplikasi komputer itu akan menyoroti keterangan untuk memuaskan kebutuhan eksekutif. pada umumnya Sistem informasi eksekutif menyediakan data hanya perlu untuk mendukung keputusan level eksekutif dari pada data bagi seluruh perusahaan. 

Keuntungan Sistem Informasi Eksekutif:
· Mudah bagi eksekutif untuk mendapatkan data organisasi
· Menyediakan informasi tepat waktu dari rangkuman laporan perusahaan
· Informasi yang disediakan makin baik mengerti
· Sharing data untuk manajemen
· Meningkatkan kualitas informasi untuk evaluasi keterangan
· Menawarkan efisiensi untuk pembuat keputusan
 
Kerugian Sistem Informasi Eksekutif:

· Fungsi sistem terbatas, tidak dapat melaksanakan hitungan kompleks
· Susah untuk mengukur bermanfaat bagi dan untuk membenarkan implementasi sistem
· Eksekutif mungkin menghadapi beban terlalu berat 
· Pada perusahaan kecil mungkin menghadapi biaya berlebihan untuk implementasi
 
Peran utama Sistem Informasi Eksekutif adalah membuat rangkuman dari data dan informasi yang volumenya besar untuk meningkatkan kegunaannya. Pengambilan rangkuman ini disebut penempatan informasi dimana menghasilkan suatu gambaran atau model mental dari operasi perusahaan.
Model tersebut memungkinkan seseorang membuat penilaian dan perkiraaan untuk memahami, memutuskan tindakan yang perlu diambil dan untuk mengembalikan pelaksanaannya.
 


Dalam sebuah organisasi yang besar akan diperlukan sebuah sistem informasi eksekutif untuk mendukung perkembangan organisasi khususnya dalam kecepatan dan ketepatan dalam pengambilan keputusan sehingga organisasi ersebut dapat bersaing dengan organisasi lain.
 

0 komentar:

Post a Comment

Brosur Apotik

Tentang Kami

Cirebon, Jawa Barat, Indonesia