Tujuan SIMRS
- Mengelola data Rumah Sakit sehingga menjadi informasi yang lebih efektif dan efisien
- Mengintegrasikan seluruh system komputerisasi yang ada menjadi sebuah system informasi yang terpusat.
- Memudahkan dalam pengaksesan data
- Mengembangkan dan memperbaiki sistem yang telah ada sehingga memberikan nilai tambah bagi manajemen
- Mengurangi kesalahan dalam proses pengolahan data dan penyajian informasi
- Menghasilkan Informasi sebagai Pendukung dalam Pengambilan Keputusan oleh para Stakeholders
Prinsip SIMRS
- SIMRS merupakan kebutuhan dasar untuk pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data Rumah Sakit
- Penggunaan SIMRS dititik beratkan pada pemantauan, pengendalian dan evaluasi kegiatan Rumah Sakit
-
Pengoptimalisasian penggunaan SIMRS dengan baik pada setiap unit
administrasi dan pelayanan akan menentukan keberhasilan dari SIMRS
Standar Sistem Informasi
Standar
SIMRS mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor
1171/MENKES/PER/VI/2011 tentang penyelengaraan Sistem Informasi Rumah
Sakit.
Manfaat SIMRS
- Proses-proses manajemen rumah sakit bisa terintegrasi antara satu bagian dengan bagian lainnya.
- Pengendalian stok obat dan alkes dapat dilakukan dengan lebih mudah karena stok dapat diketahui setiap saat.
- Penagihan kepada pasien bisa dibuat dalam sebuah rincian tagihan untuk semua jasa perawatan yang telah diterima pasien.
- Riwayat penyakit dan perawatan pasien bisa dikelola dan dipanggil dengan cepat dan otomatis.
- Memudahkan proses budgeting dan pengendalian realisasinya.
- Memudahkan penyusunan rencana pengeluaran uang dan pengendalian arus kas maupun bank.
- Dengan SIMRS, resiko keterlambatan pembayaran atau penagihan hutang piutang bisa dikurangi.
- Menjaga konsistensi data karena menggunaan data bersama.
- SIMRS memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan di semua unit, cepat dan akurat.
- Pencetakan nota pembayaran, kuitansi, surat menyurat bisa dilakukan dengan mudah.
- Efisiensi waktu entri data karena hanya dilakukan sekali oleh bagian yang paling berkompeten.
- Efisiensi kerja karyawan menjadi meningkat karena beberapa proses rutin seperti pembuatan laporan atau perhitungan-perhitungan dilakukan secara otomatis dan cepat.
- Proses-proses manajemen rumah sakit bisa terintegrasi antara satu bagian dengan bagian lainnya.
- Pengendalian stok obat dan alkes dapat dilakukan dengan lebih mudah karena stok dapat diketahui setiap saat.
- Penagihan kepada pasien bisa dibuat dalam sebuah rincian tagihan untuk semua jasa perawatan yang telah diterima pasien.
- Riwayat penyakit dan perawatan pasien bisa dikelola dan dipanggil dengan cepat dan otomatis.
- Memudahkan proses budgeting dan pengendalian realisasinya.
- Memudahkan penyusunan rencana pengeluaran uang dan pengendalian arus kas maupun bank.
- Dengan SIMRS, resiko keterlambatan pembayaran atau penagihan hutang piutang bisa dikurangi.
- Menjaga konsistensi data karena menggunaan data bersama.
- SIMRS memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan di semua unit, cepat dan akurat.
- Pencetakan nota pembayaran, kuitansi, surat menyurat bisa dilakukan dengan mudah.
- Efisiensi waktu entri data karena hanya dilakukan sekali oleh bagian yang paling berkompeten.
- Efisiensi kerja karyawan menjadi meningkat karena beberapa proses rutin seperti pembuatan laporan atau perhitungan-perhitungan dilakukan secara otomatis dan cepat.
Jika anda tertarik dengan SIMRS dan ingin menggunakan SIMRS silahkan kunjungi web berikut.
0 komentar:
Post a Comment